Link Banner

Inilah 7 Tips JITU Mengetik Cepat di Smartphone

Ada kalanya kemampuan mengetik cepat di smartphone itu sangat dibutuhkan lho, gak percaya? Salah satu contohnya bisa digunakan saat ada kompetisi live tweet. Agar berpeluang besar untuk menang, kecepatan mengetik itu mutlak diperlukan untuk tetap bisa mengikuti setiap topik dengan detail.
Faktanya mengetik di smartphone memang tidak bisa lebih cepat dibanding mengetik dengan keyboard PC atau laptop yang bisa menggunakan 10 jari tangan. Sementara di smartphone paling menggunakan dua jempol, sehingga jelas lebih lambat kan.

Inilah 7 Tips JITU Mengetik Cepat di Smartphone

Jangan cemberut dulu, ada kok tips untuk meningkatkan atau mengasah kemampuan mengetik di smartphone agar lebih cepat.

1. Pilih Keyboard yang Sesuai

7-tips-mengetik-cepat-di-smartphone-1
Buat kamu pemakai smartphone Android, tiap model smartphone dari produsen yang berbeda pasti dibekali keyboard bawaan yang berbeda-beda pula. Secara default ada yang memanfaatkan Google Keyboard, Swiftkey, Swype atau Fleksy.
Biar kamu gak penasaran, lebih baik kamu mencoba aplikasi keyboard itu satu per satu dan gunakan minimal dalam sehari. Setiap aplikasi keyboard punya kelebihan dan kekurangan, jadi pilih yang paling sesuai dan yang paling nyaman digunakan menurut kamu.

2. Manfaatkan Secara Penuh Fitur Koreksi Otomatis dan Prediksi Kata

7-tips-mengetik-cepat-di-smartphone-2

Setelah memantapkan pilihan, kamu bisa mulai dengan melakukan personalisasi, seperti mengganti tema. Selanjutnya untuk meningkatkan kecepatan mengetik kamu harus mengotak-atik pengaturan keyboard untuk menemukan fitur-fitur unggulan yang tersembunyi. Seperti koreksi otomatis dan prediksi kata yang wajib kamu manfaatkan secara maksimal.
Koreksi otomatis akan menampilkan setiap kata yang sering kita gunakan, kata yang mirip, mendekati kata yang sedang kamu ketik, dan memperbaiki kata yang salah ketik atau typo. Sedangkan prediksi otomatis sangat berguna, karena cukup mengetik dua huruf saja, maka huruf berikutnya atau kata yang dimaksud sudah tersedia. Kamu harus membiasakan dua fitur tersebut untuk meningkatkan kemampuan mengetik di smartphone.

3. Unduh bahasa

7-tips-mengetik-cepat-di-smartphone-3

Agar bisa secara penuh memanfaatkan fitur koreksi otomatis dan prediksi kata, kamu harus unduh bahasa di menu pengaturan keyboard. Bahasa yang digunakan tidak perlu banyak-banyak, cukup dua bahasa saja, yaitu Indonesia dan Inggris.

4. Gunakan Input Flow dan Voice Typing

7-tips-mengetik-cepat-di-smartphone-4

Input Flow juga wajib kamu kuasai, cara kerjanya menyenangkan. Kamu tinggal geser dari huruf ke huruf untuk mengetikkan kata, memang awalnya agak susah, tapi kalau sudah terbiasa akan bisa.
Jika jari-jari kamu capek, kamu bisa mengetik dengan suara. Fitur ini sudah tertanam dalam smartphone saat ini, berbicara akan lebih cepat dibandingkan dengan mengetik bukan? Sayangnya kamu masih perlu memperhatikan hasilnya, karena terkadang akurasinya masih kurang. Fitur voice typing ini biasanya ditandai dengan logo microphone, kamu tinggal sentuh dan berbicara.

5. Gunakan dua jempol

7-tips-mengetik-cepat-di-smartphone-5

Dulu ukuran smartphone masih mini dengan rentang layar 3-4 inci, masih memungkinkan untuk mengetik dengan satu tangan. Seiring perkembangannya, layar smartphone semakin besar 5-6 inci, sehingga tidak mungkin kamu bisa mengetik cepat dengan satu tangan. Karena itu, lebih optimal jika kamu menggunakan dua jari jempol.

6. Gunakan Kamus

7-tips-mengetik-cepat-di-smartphone-6

Kamus yang dimaksud di sini adalah sebuah shortcut kata, seperti kata umum yang berulang atau sering kamu gunakan. Contohnya ketik 'yg', otomatis yang muncul kata 'yang'. Bisa juga untuk mengetik dengan cepat alamat email atau alamat rumah. Dengan menyetel shortcut tentunya membuat pengetikan lebih mudah dan cepat bukan?

7. Cadangkan & Sinkron

7-tips-mengetik-cepat-di-smartphone-7

Semakin lama kita gunakan, keyboard akan semakin pintar karena mempelajari kata-kata yang sering kita ketik. Nah jangan lupa backup dan sinkronisasi dengan masuk ke akun Google kamu. Jadi, ketika kamu ganti perangkat pun kamu akan langsung terbiasa, karena sudah terbiasa mengetik pun bisa lebih cepat.
Itulah 7 tips buat kamu yang ingin mengasah dan meningkatkan kemampuan menulis di smartphone, jika masih kurang jangan sungkan untuk tambahkan tips kamu di kolom komentar.
Label:

Post a Comment

Harap tidak mencantumkan link berbau porno, iklan ataupun lainnya yang selayaknya tidak pantas pada komentar ya...

Thanks
Adm AlfianNetwork

[blogger][facebook][disqus]

Fiand Yan

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget