Link Banner

10 Dampak Buruk Smartphone Bagi Remaja

Jika dibandingkan dengan 10 tahun lalu, teknologi sudah berkembang pesat. Salah satu teknologi yang perkembangannya sangat pesat adalah smartphone. Bukan hanya hadir dalam berbagai sistem operasi serta desain yang dibekali fitur inovatif, smartphone juga telah mengubah cara hidup kebanyakan penggunanya. Dengan smartphone juga kamu jadi mudah terhubung ke dunia luar.
Secara sadar, perkembangan smartphone memang memudahkan hidup. Namun sadarkah kamu bahwa smartphone juga membawa dampak buruk? Terutama bagi remaja seperti kamu.

Dampak Buruk Smartphone

Siapa yang tidak suka menggunakan smartphone? Bentuknya sederhana, tidak repot untuk dibawa, dan didukung banyak aplikasi yang memudahkan kehidupan. Jika dulu spesifikasinya pas-pasan, sekarang bahkan smartphone memudahkan dalam bekerja berkat spesifikasinya yang mulai melebihi komputer. Tapi di balik segala kelebihannya, smartphone ternyata membawa banyak dampak buruk bagi remaja.

1. Penglihatan Terganggu

dampak-buruk-smartphone-bagi-remaja-6

Tahukah kamu, bahwa smartphone itu mengeluarkan sinar biru yang bisa membuat penglihatan terganggu? Jika mata kamu terus-terusan menatap layar smartphone dalam waktu yang lama, misalnya chatting atau main game. Lama kelamaan penglihatan mata kamu akan berkurang sehingga membuat pandangan menjadi kabur.

2. Sakit Kepala

dampak-buruk-smartphone-bagi-remaja-3

Apa kamu sering merasa sakit kepala setiap harinya? Mungkin kamu berpikir bahwa itu hanya efek kurang tidur. Padahal sebenarnya sakit kepala merupakan efek lanjutan dari terlalu lama melihat layar smartphone. Dampak buruk layar biru smartphone bagi remaja membuat jam biologis kamu menjadi terganggu, salah satunya adalah pola tidur yang tidak sehat, sehingga menyebabkan sakit kepala.

3. Mengganggu Pendengaran

Dampak buruk smartphone bagi remaja selanjutnya adalah bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Kamu pasti sering mendengarkan musik atau memutar video sambil menggunakan headphone, kan? Mendengarkan musik menggunakan headphone atau earphone memang asik, apalagi kalo di tengah keramaian atau sambil mengendarai motor agar tidak bosan. Tapi ingat, mendengarkan musik di smartphone menggunakan earphone dengan volume tinggi bisa mengakibatkan pendengaran terganggu. Coba deh baca juga artikel Bahaya Penggunaan Headphone Secara Berlebihan.

4. Kelainan Postur Tubuh

dampak-buruk-smartphone-bagi-remaja-4

Usia remaja adalah usia yang gampang sekali merasa asyik terhadap sesuatu, tidak terkecuali memainkan smartphone. Saking asyiknya chatting dengan teman atau pacar, kamu pasti sering sampe bungkuk-bungkuk chatting sambil duduk menunggu sesuatu, kan? Jika iya, segera hentikan jika tidak ingin nantinya bungkuk. Selain bungkuk, keseringan chatting di smartphone juga beresiko membuat jari kelingking bengkok loh!

5. Mengurangi Daya Tangkap Otak

Bukan hanya mempengaruhi fisik, dampak buruk smartphone bagi remaja juga berakibat fatal pada otak. Meski belum ada bukti ilmiah tentang dampak radiasi smartphone terhadap otak manusia, namun smartphone bisa membuat daya talar remaja menurun. Hal ini karena remaja yang sering menggunakan smartphone akan mengandalkan smartphonenya untuk melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan penalaran, yakni merekam percakapan, mencari apa-apa di Google, dan lainnya. Dampaknya otak tidak dilatih untuk terbiasa mengingat sesuatu jika terus menerus mengandalkan smartphone, sehingga daya nalar pun berkurang.

6. Mengurangi Interaksi Sosial

dampak-buruk-smartphone-bagi-remaja

Kamu pasti sering janjian untuk ketemuan dengan teman lewat aplikasi chatting di smartphone, kan? Saat bertemu di tempat yang dijanjikan, biasanya kamu bukannya asyik ngobrol dengan teman-teman, tapi malah sibuk dengan smartphone untuk check-in di Path, buat status Facebook, hingga membalas pesan yang masuk. Hasilnya interaksi dengan teman-teman kamu pun berkurang. Bahkan tidak sedikit yang sampai lupa waktu dan asyik sendiri gara-gara main game di smartphone.

7. Mempertumpul Ingatan

Apa yang pertama kali kamu lakukan saat bertemu teman? Foto. Saat akan makan? Foto. Dengan smartphone kamu jadi mudah mengabadikan berbagai moment berharga dalam sebuah bingkai foto, bahkan membagikannya ke Instagram, Facebook, Path, dan aplikasi sosial media lainnya pun bisa dilakukan dengan mudah. Namun disadari atau tidak, kamu jadi bergantung dengan album yang kamu buat itu. Tanpa album foto tersebut, apakah kamu masih ingat bagaimana serunya melakukan hal tertentu barsama teman-teman?

8. Menyebabkan Kecanduan

dampak-buruk-smartphone-bagi-remaja-5

Sudah bukan rahasia jika smartphone bisa menyebabkan kecanduan. Ada yang gara-gara smartphone sampe mau tidur pun masih saja mainin smartphone. Padahal banyak bahaya menggunakan smartphone sebelum tidur. Udah gitu kecanduan smartphone ini banyak banget dampak buruknya bagi diri pribadi dan lingkungan. Beberapa artikel tentang kecanduan smartphone berikut cukup menarik untuk kamu baca:

9. Menyebabkan Obesitas

dampak-buruk-smartphone-bagi-remaja-2

Saking asyiknya chatting dan streaming YouTube atau main game, remaja sekarang sampe males berolahraga. Tidak harus yang mahal sampe pergi ke tempat fitness, olahraga bisa cukup dengan lari. Apalagi sekarang Spotify sudah ada di Indonesia, olahraga lari pun semakin seru dengan Spotify. Jadi ayo olahraga biar gak kelebihan berat badan!

10. Penyakit Jantung dan Stroke Dini

Kata siapa penyakit jantung atau stroke hanya menyerang orang yang sudah berumur? Remaja yang sering memainkan smartphone sebelum tidur dan malas berolahraga pun beresiko terkena penyakit menyeramkan ini loh. Kurangnya istirahat karena terus-terusan menggunakan smartphone menyebabkan tekanan darah menjadi tidak stabil, ditambah dengan malas berolahraga akan semakin parah sehingga bisa mengakibatkan gagal jantung atau stroke.
Itu dia 10 dampak buruk smartphone bagi remaja. Mulai sekarang, coba batasi penggunaan smartphone kamu. Toh semua demi kebaikan dan kesehatan kamu juga, kan? Gunakan smartphone saat dirasa perlu, tidak harus selalu setiap waktu membuka smartphone.
Label:

Post a Comment

Harap tidak mencantumkan link berbau porno, iklan ataupun lainnya yang selayaknya tidak pantas pada komentar ya...

Thanks
Adm AlfianNetwork

[blogger][facebook][disqus]

Fiand Yan

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget