Link Banner

Pilih Mana, Laptop Konvensional Atau Notebook 2-in-1?

Dulu, laptop merupakan sebuah perangkat mewah yang jika ada seseorang yang membawanya, pasti kita akan menelan ludah. Sebab, ketika itu laptop dibanderol dengan harga yang memang tidaklah murah. Bahkan, memang hingga saat ini hal tersebut masih berlaku.
Akan tetapi, juga banyak perangkat laptop yang memiliki harga murah namun dengan kualitas terbaik. Pada dasarnya, laptop merupakan komputer jinjing atau komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan. Nah, seiring perkembangan jaman, kini sudah hadir perangkat yang dinamakan notebook 2-in-1. Apa itu?

Inilah Perbedaan Laptop Konvensional dan Notebook 2-in-1

Laptop Konvensional

v5-431p-05_-copy
Seperti yang telah dijelaskan, laptop merupakan sebuah komputer jinjing yang mana berukuran relatif kecil dan juga ringan. Laptop tersebut dikategorikan sebagai laptop konvensional atau kuno. Laptop konvensional berarti sebuah perangkat yang terdiri dari monitor dan tersambung langsung dengan keyboard. Di dalamnya terdapat beragam komponen hardware. Sumber dayanya sendiri berasal dari baterai atau adaptor A/C, yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai.
Jika kamu memilih untuk membeli laptop, berarti kamu sudah harus tahu konsekuensinya, bahwa monitor dan keyboard tidak dapat dilepas serta layar pada monitor bukanlah touchscreen, sehingga tidak bisa disentuh untuk dioperasikan. Kalau kamu mencari laptop dengan monitor touchscreen, jawabannya ada pada notebook 2-in-1.

Notebook 2-in-1

Acer-Aspire-R7-Hasewell

Notebook 2-in-1, pada dasarnya serupa dengan laptop. Itu terdiri dari beragam komponen hardware, serta monitor dan juga keyboard. Akan tetapi, perbedaan secara signifikan antara laptop konvensional dan notebook 2-in-1 adalah notebook 2-in-1 bisa dioperasikan melalui sentuhan tangan atau biasa yang disebut touchscreen. Jadi, notebook 2-in-1 merupakan gabungan antara tablet dan fitur yang tersedia di laptop.

acer-aspire-switch-10

Notebook 2-in-1 sendiri juga terbagi menjadi dua loh. Pertama, ada hybrid. Hybrid merupakan laptop atau notebook 2-in-1 yang mana layarnya bisa dilepaskan dari keyboard, dan secara otomatis berfungsi sebagai tablet. Biasanya, model hybrid menggunakan "dock" khusus untuk merekatkan layar ke keyboard. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir terjatuh saat kamu hanya menggenggam keyboard maupun layarnya saja.

lenovo-laptop-convertible-yoga-2-13-inch-orange-front-modes-1

Kemudian, ada model yang disebut convertible. Pada prinsipnya, model convertible ini tidak bisa dipasang-lepas antara keyboard dengan layar. Namun, meski mampu untuk dioperasikan secara touchscreen, notebook 2-in-1 convertible hanya bisa membalikkan atau memutar layar laptop hingga berbentuk tablet. Setelah kamu memutarnya sampai 360 derajat, tentu saja kamu bisa memainkan layaknya sebuah tablet. Tapi, dengan dimensi ketebalan yang lebih besar pastinya.
Dengan penjelasan di atas, apakah kamu mengerti perbedaan antara laptop dan notebook 2-in-1 serta fungsi pengoperasiannya? Jangan lupa share saran dan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ini ya.
Label:

Post a Comment

Harap tidak mencantumkan link berbau porno, iklan ataupun lainnya yang selayaknya tidak pantas pada komentar ya...

Thanks
Adm AlfianNetwork

[blogger][facebook][disqus]

Fiand Yan

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget