Link Banner

Youtube Live Streaming Kini Bisa Langsung Dari Smartphone!

Kamu Youtuber dengan 10 Ribu subscriber atau lebih? Mulai hari ini, Selasa 7 Februari 2017 jam 9 malam kamu bisa mencoba fitur baru Mobile Live Streaming langsung dari smartphone! Memang, fitur live streaming sendiri telah hadir sejak tahun 2011 lalu, tapi penggunaannya sangat terbatas dan hanya untuk event-event besar saja seperti Debat Presiden Amerika Serikat 2016, London Olympics, Misi Red Bull Stratos Jump dengan Felix Baumgartner dan The Royal Wedding.
Fokus besar dari YouTube adalah untuk mencari cara baru bagi kreator YouTube dan penontonnya untuk dapat saling berinteraksi, dan juga cara baru menonton video. Karena itu, selain Mobile Live Streaming, YouTube juga telah meluncurkan fitur live stream 360-derajat untuk pertama kalinya di dunia, dengan resolusi 4K (Ultra HD)!

Fitur Mobile Live Streaming

YT Live Mobile

Fitur mobile live streaming telah terpasang secara langsung di aplikasi YouTube di smartphone maupun tablet. Kamu tinggal membuka aplikasi YouTube, mengetuk tombol capture, dan kamu bisa langsung live! Video streaming memiliki fitur yang sama dengan video YouTube pada umumnya: dapat dicari melalui rekomendasi playlist dan dapat dilindungi dari pelanggaran hak cipta.
"Melalui peluncuran ini, kami ingin memberikan kekuatan live streaming kepada lebih banyak tangan-tangan kreatif, agar kreator dapat berbagi pikiran dan kreativitas dengan cara yang spontan, dan lebih dekat lagi kepada penonton mereka,” ujar Barbara Macdonald, Product Manager, YouTube.
YouTube juga bekerja sama dengan ratusan kreator untuk menyempurnakan pengalaman mobile live streaming ini. Berdasarkan masukan dari para kreator, pembaruan dan perbaikan telah dilakukan, seperti memperlambat arus live chat serta meningkatkan kualitas streaming untuk beragam perangkat. Kreator juga bisa mendapat pemasukan dari live streaming. Setelah streaming selesai, video akan secara otomatis tersimpan di channel mereka dan opsi monetisasi dapat diaktifkan.

Cerita Han Yoo-ra Saat Beta Testing

Han Yoora

Di Indonesia sendiri, sebelum peluncuran fitur ini secara resmi ada tiga Youtuber kondang yang telah mendapatkan akses beta dari Mobile Live Streaming, mereka adalah: Han Yoo-ra, Reza Arap dan Edho Zell. Pada hari peluncuran fitur ini, Han Yoo-ra hadir dan berbagi cerita mengenai pengalamannya menggunakan Mobile Live Streaming.
"Aku pakai fitur ini sejak November 2016 pas aku ke Jepang. Biasanya aku pakai live streaming agar bisa connect langsung sama subscriber dan melakukan live chat", ungkap Yoo-ra.
Yoo-ra juga mengaku kalau live streaming ini terasa lebih personal seolah-olah sedang melakukan group chat bersama teman. Ada pressure tersendiri saat melakukan live streaming, karena semuanya terjadi tanpa naskah dan rencana. Menjaga bahasa dan perilaku yang sesuai norma juga harus lebih ketat lagi.

Konten Sembarangan Diancam Ban 90 Hari!

Paris sinkuakul

Seperti pada video YouTube lainnya, community flagging akan bekerja dengan cara yang sama untuk fitur live stream, dimana ada sebuah fitur pelaporan yang tersedia di bagian bawah untuk orang melaporkan konten yang mereka anggap melanggar pedoman komunitas YouTube.
Pedoman kualitas ini berlaku untuk semua konten, komentar, dan chat yang terjadi selama live stream berlangsung. Youtube juga telah meningkatkan sumber daya dengan menambah tim yang didedikasikan untuk mempercepat sebuah ulasan atau penandaan di live stream, sehingga dapat menindaknya secara langsung jika ditemukan konten yang melanggar.

"Jika ada Youtuber yang terbukti melanggar peraturan tersebut, maka ia akan terkena ban 90 hari dan tidak dapat menggunakan fitur live stream," jelas Paris Sinkuakul, Partner Technology Manager, Youtube.
Label:

Post a Comment

Harap tidak mencantumkan link berbau porno, iklan ataupun lainnya yang selayaknya tidak pantas pada komentar ya...

Thanks
Adm AlfianNetwork

[blogger][facebook][disqus]

Fiand Yan

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget