Link Banner

PENTING! Periksa 5 Hal Ini Sebelum Membeli Kartu MicroSD


Beberapa smartphone terbaru telah dilengkapi dengan dukungan memori internal yang cukup besar disertai dukungan slot MicroSD. Karena dirasa masih kurang dengan memori internal yang dibawanya, atau karena suka ngoprek, bukan tidak mungkin kamu masih membeli MicroSD.
Tapi hati-hati loh saat membeli kartu memori atau MicroSD. Selain ada banyaknya MicroSD palsu, jika kamu salah membeli MicroSD dampaknya kamu akan rugi uang. Biar gak rugi, kamu harus tahu cara memilih MicroSD yang tepat.

Bahaya Jika Salah Memilih MicroSD

Seberapa besar sih kapasitas memori internal yang dibutuhkan oleh sebuah smartphone? Jika menghitung kebutuhan untuk menyimpan foto, video, musik dan aplikasi serta game, maka kapasitas memori internal sebesar 32GB sudah cukup ideal. Jika masih kurang, tambahkan saja memori eksternal untuk menampung semua file foto atau video, serta musik. Smeentara memori internal digunakan untuk menyimpan game dan aplikasi.

cara-memilih-microsd-6 

Tapi ingat, jangan sembarangan memilih kartu memori atau MicroSD! Soalnya kalo sampe salah beli, kamu bisa rugi buang-buang uang tapi gak terpakai, atau bahkan merusak smartphone kamu. Makanya sebelum membeli MicroSD, pastikan dulu smartphone kamu mendukung MicroSD jenis apa, dan berapa kapasitas maksimal yang didukungnya.

Cara Memilih MicroSD yang Tepat Untuk Smartphone Kamu

Smartphone dengan kapasitas memori internal 16GB sudah pasti sangat membutuhkan dukungan memori eksternal. Tanpa dukungan memori eksternal, memori smartphone kamu jadi sesak dan beresiko membuat smartphone jadi lemot. Nah biar gak ada kasus kamu salah beli MicroSD, yuk perhatikan hal-hal berikut!

1. Perhatikan Jenis MicroSD

cara-memilih-microsd-2 

Sepintas kamu mungkin menganggap semua MicroSD itu sama. Padahal, ada pembeda yang cukup kentara di MicroSD, yakni jenis SDHC (Secure Digital High Capacity) dan SDXC (Secure Digital Extended Capacity). Perbedaan keduanya ini mengacu pada besar kapasitas maksimal yang didukung. SDHC adalah jenis MicroSD dengan kapasitas 2GB hingga 32GB, sementara SDXC sudah mendukung 32GB hingga 2TB. Jika ternyata kamu menemukan MicroSD 64GB dengan tanda SDHC, bisa dipastikan itu memori eksternal palsu!

2. Perhatikan dukungan memori eksternal smartphone

Satu foto dengan resolusi maksimal 16MP bisa menghasilkan besaran file foto kira-kira 7MB. Jika memiliki MicroSD sebesar 32GB, kamu bisa menampung hingga kira-kira 4500 foto. Karena hal itu bisa saja kamu membeli memori eksternal dengan kapasitas 64GB atau bahkan 128GB agar leluasa. Tapi, apa smartphone kamu mendukung memori eksternal dengan kapasitas sebesar itu?

cara-memilih-microsd-4 

Untuk itu, pastikan dulu seberapa besar dukungan memori eksternal yang bisa dibaca oleh smartphone kamu. Karena jika tidak sesuai, maka dampaknya MicroSD yang kamu beli tidak dapat digunakan. Rugi, kan? Berikut beberapa daftar smartphone dan kapasitas memori eksternalnya.

Smartphone Kapasitas Memori Eksternal
Moto G   32GB
ASUS Zenfone 5   64GB
ASUS Zenfone 2   128GB
Xiaomi Redmi Note 3   128GB
Xiaomi Mi 4s    128GB
Samsung Galaxy S7   200GB
Sony Xperia Z5 Compact   200GB
LG V10   2TB

3. Kecepatan MicroSD

Kecepatan MicroSD menentukan seberapa cepat kemampuannya dalam membaca dan menuliskan data. Semakin cepat kecepatan MicroSD yang kamu gunakan, semakin cepat pula kamu bisa mengelola semua file yang ada di dalam MicroSD. Jika kamu adalah pengguna smartphone yang aktif menggunakan konten multimedia di smartphone, sebaiknya minimal pilih MicroSD class 10.

cara-memilih-microsd 

Oh iya, kecepatan MicroSD juga ditentukan apakah jenis speed-nya UHS atau masih sebatas class. UHS adalah kepanjangan dari Ultra High Speed, yang mana lebih cepat dari sebatas yang hanya memiliki class saja. Untuk membedakannya, di permukaan kartu memori kamu akan mendapati huruf U dengan angka 1 atau 2 untuk yang UHS, sementara untuk yang type class akan nampak huruf C yang disertai angka class-nya.

4. Perhatikan Fitur


cara-memilih-microsd-5 

Beberapa MicroSD dibekali fitur bawaan yang tidak dimiliki oleh MicroSD jenis lain. Seperti SanDisk yang menyediakan dukungan aplikasi SanDisk Memory Zone dengan dukungan fitur Easy File Management, BackUp Protection, dan Fast Access. Selalu perhatikan fitur yang ditawarkan oleh MicroSD yang kamu beli ya!

5. Garansi


cara-memilih-microsd-3 

Siapa sih yang berharap barang yang dibelinya gak awet? Tapi ya sometimes sh*t happens, makanya selalu luangkan waktu untuk memperkirakan garansi dari barang yang kamu beli. Bukan hanya saat membeli smartphone, kartu memori juga butuh garansi loh. Bberapa merek ternama menawarkan dukungan garansi 1-3 tahun untuk jaminan jika ada kerusakan (bukan human error).
Itu dia hal-hal yang harus kamu perhatikan saat membeli MicroSD. Semoga kamu bisa semakin berhati-hati agar tidak rugi karena membeli MicroSD yang palsu atau bahkan tidak bisa terpakai.

Post a Comment

Harap tidak mencantumkan link berbau porno, iklan ataupun lainnya yang selayaknya tidak pantas pada komentar ya...

Thanks
Adm AlfianNetwork

[blogger][facebook][disqus]

Fiand Yan

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget