Link Banner

5 Bahasa Pemrograman Baru yang Wajib Kamu Pelajari


Bahasa pemrograman seperti Java, Javascript, PHP, C++ memang masih menjadi bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh perusahaan khususnya di Indonesia. Namun, seiring perkembangan zaman dan juga kebutuhan yang semakin meningkat, dalam beberapa tahun terakhir banyak sekali bahasa pemrograman yang terlahir dan memberikan pengaruh di dunia teknologi.

5 Bahasa Pemrograman Baru Terbaik yang Wajib Kamu Pelajari

Supaya kamu nggak salah pilih. Berikut 5 bahasa pemrograman baru terbaik yang harus segera kamu pelajari.

1. Go

Golang atau biasa disebut Go ini adalah bahasa pemrograman Open Source yang dikembangkan oleh tiga orang karyawan Google yakni Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson pada tahun 2007 yang mulai diperkenalkan ke publik di tahun 2009.
Penciptaan bahasa Golang didasari oleh bahasa pemrograman populer seperti C, C++, dan Java. Karena itulah gaya sintaksnya mirip. Namun, Golang menawarkan kelebihan notasi yang ringkas serta bertujuan agar kode tetap sederhana dan mudah untuk dibaca ataupun dimengerti.

2. Groovy

Groovy
Groovy adalah sebuah bahasa pemrograman dinamis yang mirip dengan Python, Perl, Ruby, dan Smalltalk yang berjalan di atas bahasa pemrograman Java. Semua kode Java dapat berjalan dalam script Groovy. Seperti halnya kode Java, script Groovy juga dapat dikompilasi menjadi Java bytecode dan berjalan di atas platform Java.
Tentu saja, hal ini sangat menarik terutama bagi programmer Java yang ingin menggabungkan kekuatan fleksibilitas Groovy dengan skalabilitas Java. Memanfatkan semua framework dan library Java di dalam kode program Groovy adalah hal yang diperbolehkan. Demikian pula sebaliknya, pemanggilan script Groovy maupun hasil kompilasi kode program Groovy yang dipanggil dalam kode program Java boleh-boleh saja.

3. Swift

Swift
Swift adalah bahasa pemrograman yang diciptakan Apple dalam mengembangkan aplikasi untuk iOS, Mac, Apple TV, dan Apple Watch. Bahasa ini didesain untuk memberikan lebih banyak kebebasan kepada pengembang. Swift mudah digunakan dan bersifat Open Source. Jadi, siapa pun yang memiliki ide, dapat menciptakan sesuatu yang luar biasa.
Apple meluncurkan Swift tahun 2014 lalu di WWDC sebagai penerus dari Objective-C. Didesain agar sederhana apa adanya, Swift fokus pada kecepatan dan keamanan. Pada Desember 2015, Apple menjadi Swift Open Source di bawah lisensi Apache. Sejak diluncurkan, Swift berhasil meraih mata komunitas dan bertumbuh dengan baik serta telah menjadi salah satu bahasa pemrograman 'terpanas' di dunia.

4. Rust

rust
Rust adalah bahasa pemrograman baru terbaik yang dikembangan oleh perusahaan Mozilla untuk menangani arsitektur multi-Core dengan lebih aman dan efisien dengan banyak paradigma. Rust merupakan sebuah bahasa pemrograman general-purpose yang dikembangkan berdasarkan bahasa pemrograman C.
Bahasa pemrograman ini dirilis pertama kali pada tahun 2014 sebagai alternatif bahasa pemrograman C++. Berdasarkan survei ke developer dalam Stack Overflow 2016, Rust terpilih sebagai bahasa pemrograman yang paling disukai. Rust dianggap memiliki solusi keamanan terkait isu kelemahan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman C++. Bahasa pemrograman ini fokus untuk meningkatkan kinerja, paralelisasi, serta keamanan memori.

5. Hack

hack-bahasa-pemrograman-baru-terbaik
Hack adalah bahasa pemrograman yang belum lama diluncurkan pada tahun 2014, dan merupakan produk dari perusahaan teknologi raksasa, Facebook. Facebook hampir mengubah semua kode PHP mereka dengan bahasa pemrograman Hack ini.
Hal ini cukup menarik, karena situs dengan jutaan pengguna serta lalu lintas yang sangat padat sekelas Facebook, terbukti berani menggunakan bahasa Hack yang terbilang baru ini. Maka, tak perlu ragu lagi untuk mulai mempelajari bahasa Hack. Pasalnya, Facebook juga merilis versi Open Source dari bahasa pemrograman ini sebagai bagian dari HHVM runtime platform.
Itulah 5 bahasa pemrograman baru terbaik yang harus kamu pelajari. Semakin luas kemampuan pemrograman kamu, maka semakin baik pula reputasi kamu di mata perusahaan. Tentu saja, yang paling penting adalah kamu harus benar-benar menguasai bahasa pemograman yang akan kamu pelajari.

Post a Comment

Harap tidak mencantumkan link berbau porno, iklan ataupun lainnya yang selayaknya tidak pantas pada komentar ya...

Thanks
Adm AlfianNetwork

[blogger][facebook][disqus]

Fiand Yan

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget