Link Banner

Nokia Android Siap Dilepas Akhir Februari

Nokia siap memperkenalkan ponsel pintar berbasis Android pertamanya kepada publik. Ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona menjadi tempat diluncurkannya smartphone dalam Project Normandy tersebut. Smartphone yang disinyalir diberi nama Nokia X ini akan di mengalami sedikit modifikasi dibanding peranti dengan platform Android pada umumnya. Toko aplikasi Google Play Store dihilangkan dan diganti dengan layanan milik Nokia sendiri dan juga Microsoft.
Tampilan khas ala Windows Phone juga masih tetap dipertahankan dan Nokia lebih menggunakan Here, aplikasi peta digital buatannya sendiri dibanding Google Maps. Hal inilah yang membuat kesan Android pada Nokia X luntur. Google, sebagai penyedia sistem operasi ini nampaknya tak terlalu menanggapi keputusan Nokia untuk memodifikasi si ‘robot hijau’.
Mereka cukup senang dengan keputusan pabrikan asal Finlandia itu yang akhirnya mau mengadopsi sistem operasi yang saat ini tengah populer tersebut. Spesifikasi Nokia X, menurut rumor, akan dipersenjatai dengan prosesor dual-core Snapdragon 200 dengan kecepatan 1GHz, RAM 512MB, memori internal sebesar 4GB, layar TFT 4 inci, kamera 5MP dan OS Android terbaru 4.4 Kitkat. Daya tahannya juga akan ditunjang baterai berkapasitas 1500 mAh.
Banderol harganya pun sudah bocor sebelum resmi dirilis. Nampaknya Nokia ingin mematahkan dominasi ponsel China yang sedang menggempur pasar global secara agresif dengan harga USD 110 atau setara Rp 1,3 jutaan saja. Dengan menyasar segmen kelas low-end dan harga yang cukup terjangkau, perangkat berbasis Android ini diyakini akan mengembalikan kejayaan Nokia dan juga mempertahankan eksistensi Android.
Menarik untuk ditunggu bagaimana respon Microsoft, sebagai pemilik sah Nokia, terhadap perangkat yang mengusung sistem operasi kompetitornya tersebut. Sekedar informasi, proyek Nokia Android dengan codename Normandy memang sudah dijalankan sebelum Microsoft resmi mengakuisisinya. Banyak pihak yang menilai Microsoft tidak senang dengan proyek tersebut sehingga akan menghambat pengembangannya.
Kendati demikian, Nokia X menjadi salah satu smartphone yang paling dinantikan di tahun 2014 ini. Selain itu, Nokia X kemungkinan juga akan memangsa pasar saudaranya sendiri, Lumia 520, yang menguasai 30% penjualan ponsel Nokia.
Label:

Post a Comment

Harap tidak mencantumkan link berbau porno, iklan ataupun lainnya yang selayaknya tidak pantas pada komentar ya...

Thanks
Adm AlfianNetwork

[blogger][facebook][disqus]

Fiand Yan

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget